Tips untuk Menjaga Kebersihan Gigi Anjing

Images: 107 Dog


Seringkali saat menjaga kebersihan serta kesehatan anjing, kita melupakan kebersihan dan kesehatan gigi mereka. Bau menyengat yang keluar dari mulut anjing sampai membuat kita ingin muntah, dianggap sebagai hal biasa, padahal sangat keliru kalau kita mengabaikannya. American Veterinery Dental College memperkirakan mayoritas anjing menunjukkan tanda-tanda penyakit periodental sejak usia tiga tahun. Tanda utama dari penyakit dini gigi sendiri adalah bau mulut. Memang nafas anjing tidak dapat sepenuhnya segar, namun salah juga kalau sampai baunya membuat kita ingin muntah.

Penyakit periodental dapat menyebabkan masalah yang serius untuk anjing. Saat gigi mereka sakit, mereka tidak dapat protes dan mengeluh kepada kita. Tentunya kita tidak menginginkan sesuatu sampai terjadi pada anjing kita bukan? oleh karena itu, Saya ingin membagikan beberapa tips yang bisa diterapkan pada anjing anda untuk menjaga kesehatan gigi anjing.

Menyikat gigi

 

Images: Aliexpress


Menyikat gigi pada anjing? meskipun terdengar konyol di telinga anda, namun hal ini adalah cara yang ampuh untuk membersihkan plak pada gigi. Anda tidak perlu melakukan hal tersebut setiap hari atau sehari 2-3 kali seperti manusia, tetapi jika anda melakukannya lebih sering lebih baik. Awalnya anjing tentu akan merasa tidak nyaman dengan hal ini, tapi jika rutin dilakukan anjing akan terbiasa.

Sebelum menyikat gigi anjing hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari pasta gigi khusus untuk anjing. Pasta gigi anjing di buat khusus karena pasta gigi pada manusia mengandung zat beracun untuk anjing. Biasanya pasta gigi anjing memiliki rasa atau aroma yang sedap seperti ayam, selai kacang, dll. Kedua, letakan pasta gigi di ujung jari telunjuk anda lalu mulai menyikatnya dari taring hingga semua gigi sampai bersih.

Tisu gigi anjing

 Images: Aliexpress

Bagi anda yang tidak suka untuk menyikat gigi anjing, tisu gigi anjing adalah cara yang terbaik. Tisu ini dibuat khusus untuk membersihkan plak pada gigi anjing. Anda dapat menggosokkan tisu pada gigi anjing, walaupun dengan menggunakan tisu tidak dapat menggapai hingga ke sela-sela gigi tetapi cara ini cukup praktis.

Chews 

 Images: Kumpulan Misteri

Anda adalah tipe orang yang tidak suka ribet? atau anda adalah seorang pekerja keras hingga tidak ada waktu untuk melakukan hal diatas? Chews adalah jawaban yang tepat. Chews hadir dalam banyak varian warna, bentuk, hingga rasa yang berbeda. Kegiatan mengunyah memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kebersihan gigi anjing. Saya pribadi sering menggunakan cara yang ini untuk menjaga kesehatan gigi anjing saya.

Pembersih profesional

Images: Jitunews.com

Cara terbaik untuk memastikan kesehatan mulut anjing anda adalah mengajaknya untuk menjalani pembersihan profesional oleh dokter hewan. Dokter hewan Anda tahu apa yang terbaik untuk gigi anjing anda dan dapat mengatasi masalah yang dia temukan. Meskipun jauh lebih mahal dari tips lain yang telah saya sebutkan, pembersihan gigi profesional adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi anjing anda. Dokter hewan berpengalaman dalam mencegah, menemukan, dan mengobati masalah apapun yang mungkin tidak diketahui, bahkan oleh pemilik anjing yang paling berdedikasi. Jika ada satu pilihan yang dapat dipilih untuk menjaga kesehatan gigi anjing Anda, kami sarankan mengunjungi dokter hewan. Apabila rutin ke dokter hewan dirasa memakan biaya terlalu banyak, anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai gigi anjing anda sekarang dan bagaimana cara mengatasi hal-hal tertentu yang tidak anda ketahui di kemudian hari tanpa harus ke dokter hewan.

Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat bagi anda dan membuat anjing anda menjadi lebih sehat.

















Sumber: American Kennel Club 

Comments

Popular Posts