Merawat Anjing yang Buta dan Tuli

Images: Metroterkini.com

Tidak ada seorangpun berfikiran jika anjing akan semakin tua. Apalagi, sampai mereka kehilangan 2 alat indera mereka. Diindonesia sendiri banyak sekali kasus anjing di buang hanya karena mereka tuli, buta dan tua.

Jangan putus asa untuk tetap jadi sahabat mereka hingga akhir hidupnya. Memang mereka sudah tidak lucu lagi, tetapi mereka semakin tua akan semakin mengerti kita. Mereka bisa di jadikan teman curhat juga saat anda sedang sedih ataupun senang.

Berikut saya akan memberikan beberapa tips merawat anjing yang buta dan tuli :

Ingat 5-3=2

Anjing mungkin akan kehilangan penglihatan dan pendengarannya. Tapi ingat, mereka masih memiliki rasa, sentuhan dan yang paling penting bau. Bahkan saat mereka bisa mendengar dan melihat, cara yang paling signifikan untuk mereka berinteraksi adalah melalui bau. Dengan mengendus anjing tahu apa yang mereka lakukan, dimana mereka dan apa yang ada di hadapan mereka. Dengan mengombinasikan antara penciuman dan sentuhan itu akan membuat anjing anda lebih mudah untuk hidup normal.

Utamakan keselamatan

Jika dirumah anda memiliki tangga, kandang umbaran atau gerbang bayi akan menjadi teman baru anjing anda. Cara cerdas juga untuk memblokir area kolam renang, dan juga tetap berhati-hati terhadap benda tajam dan bagian tepi. Selain itu, penting pula untuk mengajak anjing anda jalan dan berlatih. Jangan sampai dia terlepas dari pandangan anda jika dia tidak sedang di tali atau di area yang dipagari.

Berikan mereka ruang

Untuk menghindarkan mereka dari bahaya namun mereka tetap bisa bergerak dengan leluasa, berikan mereka ruang dengan menggunakan kandang umbaran. Didalam kandang jangan lupa untuk memberikan makanan dan minuman di area yang mudah mereka jangkau serta berikan satu atau dua mainan agar mereka tidak merasa bosan.

Getaran akan menjadi teman baru anda

Saat anjing anda tidak bisa melihat dan mendengar cara satu-satunya adalah melalui getaran. Anda harus melatihnya kembali, "sit", "stay", "no" dll melalui getaran. Anda bisa menggunakan hentakan kaki atau tepuk tangan.

Buat hal khusus di rumah

Jika anda memiliki rumah yang besar, anda bisa menggunakan karpet agar anjing tau dia sedang di area mana. Anda juga dapat menggunakan pengharum ruangan (suasana) yang berbeda dalam setiap ruangan sebagai identitas.

Bantu mereka makan

Tidak harus dengan menyuapinya, namun anda harus membawanya atau menuntunnya ke tempat (mangkuk) makan mereka (terutama saat di awal), menempelkan dagu mereka ke area pinggir mangkuk. Anjing biasany akan dengan cepat mendapatkan ide.  Hal ini akan membantu mereka untuk mencapai makanan mereka.

Biarkan orang tahu

Beritahu setiap situasi unik yang ada dirumah anda kepada para tamu. Mengapa? karena mereka tidak akan tahu bagaimana cara berinteraksi dengan anjing anda jika anda tidak memberitahu. Karena memberi tahu tamu anda lebih mudah daripada menyuruh anjing untuk beradaptasi lagi.

Sayangi sahabat anda, bukan hanya saat mereka kecil dan lucu melainkan di setiap situasi mereka.

















Sumber: Cesar Milan

Comments

Popular Posts