Makanan yang Tidak Boleh untuk Anjing

Coklat

Tentunya anda sudah tahu jika anjing tidak diperbolehkan untuk memakan cokelat. Mengapa demikian? Karena didalam coklelat terdapat zat theobromine dan kafein yang jika di konsumsi oleh anjing akan mengakibatkan keracunan bahkan kematian.

Anggur dan kismis

Anggur dan kismis merupakan salah satu jenis makanan yang sangat berbahaya untuk anjing. Mengkonsumsi setidaknya empat buah anggur atau kismis dapat mengakibatkan kerusakan ginjal pada anjing. Setelah beberapa jam mengkonsumsi anggur atau kismis maka anjing anda akan mengalami muntah, diare,  dan sakit perut. Anda juga akan melihat bahwa anjing anda sering tersandung saat berjalan.

Bawang bombay, bawang putih dan daun bawang

Mengonsumsi bawang dalam bentuk bubuk, mentah atau bahkan setelah dimasak dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius pada anjing anda. Bawang bawangan dapat menghancurkan sel-sel darah pada anjing, menyebabkan anemia dan dapat melukai ginjal.

Setelah mengkonsumsi bawang dalam bentuk apapun anjing akan menunjukkan tanda-tanda kelemahan, sesak nafas, kelelahan, muntah hingga kencing darah. Tidak semua anjing mengalami tanda-tanda diatas tergantung sistem kekebalan tubuh mereka masing-masing.

Alpukat

Banyak makanan yang berbahan dasar alpukat, dan tentunya alpukat tidak baik untuk kesehatan anjing anda. Didalam buah, biji dak kulit alpukat terkandung persin, Zat ini memiliki efek samping yaitu diare, muntah serta kesulitan bernafas saat dikonsumsi oleh anjing.

Kesemek, persik, plum, dan ceri

Biji pada kesemek dapat mengakibatkan radang usus pada anjing anda jika dikonsumsi. Demikian pula untuk persik, plum dan ceri. Didalam buah terebut mengandung zat sianida (berbahaya untuk manusia dan anjing).

Jamur

Beberapa jenis jamur liar sangat berbahaya untuk anjing anda jika dikonsumsi. Jika anjing anda memakan jamur beracun, ia mungkin akan menunjukan gejala seperti muntah dan diare. Tergantung pada jenis jamur yang di konsumsi. Kemungkinan terparahnya jika anjing mngkonsumsi jamur liar adalah kegagalan organ, kejang dan koma.

Tanaman tomat

Batang, buah dan daun pada tomat mengandung atropin dan tomatine yang beracun untuk anjing anda. Gejalanya seperti pupil melebar, tremor, kejang, muntah, diare, dan mengeluarka air liur. Dalam beberapa kasus memakan tomat mengakibatkan koma dan kematian pada anjing. Mengkonsumsi tomat mentah dapat mengakibatkan rasa sakit pada anjing. Meskipun tomat matang tidak ber akibat demikian tetapi, ada baiknya jika anda hanya memberikan sedikit tomat matang atau tidak memberinya sama sekali.

Kentang

Disini hanya untuk kentang mentah yang masih hijau maupun kentang yang memiliki rim hijau.
kentang mentah dan hijau mungkin mengandung alkaloid Solanum (solanin) yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan denyut jantung tidak teratur pada anjing. 


Jika anjing anda sudah menandakan gejala seperti yang saya tuliskan diatas. Maka, ada baiknya jika anda langsung membawanya ke dokter hewan langganan anda atau tenaga profesional. Dokter hewan atau tenaga profesional mungkin akan meresepkan pengobatan yang tepat, seperti terapi oksigen, transfusi darah, atau induksi muntah. 

Jaga pola makan anjing anda untuk menghindarkan mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan.













Sumber: Josh Weiss-Roessler 

Comments

Popular Posts