Hukum Natural Anjing: 5. Anjing adalah Mahluk Sosial yang Berkelompok

Images: Thedogtrainingsecret


Anjing secara naluriah akan mencari dan bergabung dengan kelompok apa saja yang ada didekatnya. Hal ini menjelaskan mengapa anjing dapat bergaul dengan baik dengan begitu banyak hewan lain, terutama kelompok hewan lain seperti kuda, sapi, domba dll. Bahkan dalam satu kasus anjing dapat bersahabat baik dengan seekor gajah.

Hal ini juga membuat anjing terikat baik dengan manusia. Kita juga adalah mahluk sosial dan anjing berusaha untuk bergabung dengan kelompok kita. Oleh karena itu kita telah menjadi 'atau harus' menjadi pemimpin kelompok mereka sekarang.

Dalam kelompok anjing terbagi menjadi tiga bagian: depan, tengah dan belakang. Depan adalah pemimpin paket yang bertugas untuk memenuhi segala kebutuhan (makanan, air, tempat tinggal). Tengah merupakan penghubung (mediator) antara depan dan bekalang, mereka bertugas juga untuk menjaga keseimbangan energi. Sedangkan yang dibelakang merupakan kelompok yang sangat sensitif dimana tugas mereka adalah mengingatkan jika ada kelompok yang berbahaya.

Setiap anjing tidak bisa menjadi pemimpin kelompok. Sangat sedikit sekali yang bisa menjadi pemimpin dan kebanyakan menjadi pengikut. Tugas kita sebagai manusia adalah sebagai pemimpin kelompok.

Dengan membawa anjing ke dalam kelompok kita, kita secara tidak langsung telah membuat janji kepada mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.  Baik kebutuhan psikologis, rasa aman dll. Jaga dan rawat mereka dengan baik.











Sumber: Cesar Milan




Comments

Popular Posts