Hukum Natural Anjing: 4. Anjing Mengetahui Keadaan Melalui Indera

Images: Dogtime


Manusia dan anjing menjalani hidup yang tak lepas dari indera. Bagi manusia penghilihatan merupakan indera yang paling penting, lalu diikuti perasa, pendengaran dan penciuman. Tetapi pada anjing, indera yang terpenting adalah penciuman lalun diikuti oleh penglihatan, suara dan perasa. Penciuman adalah yang terpenting.

Ketika anda mendekati seekor anjing, mereka sudah mengetahui anda melalui penciuman mereka sejak anda sejauh lima puluh meter dari mereka. Anjing dapat mengenali anda hanya melalui bau, karena, bagi anjing energi anda dan bau merupakan "nama". Ini mengapa anjing seringkali menggogong saat anda bahkan tidak mendengar bahkan melihatnya. Itu bukan kekuatan psikis atau indera keenam melainkan indera penciuman.

Prioritas utama anjing adalah hidung, mata dan telinga untuk anjing mengikuti pola dalam perkembangan mereka menjadi anak anjing. Anjing yang dilahirkan buta dan tuli mereka sangat mengandalkan indera penciuman mereka untuk menemukan induk atau perawat mereka, sehingga asosiasi pertama mereka dengan kelangsungan hidup adalah aroma. Hal ini akan terus berlangsung selama sisa hidup mereka. Mereka akan terus mengendus dan mengendus terutama di kelompok dan lingkungan yang baru.

Saat anda mengajak anjing anda jalan-jalan di pagi hari maka anda akan mencium aroma rumput yang segar. Bagi anjing, bukan hanya aroma rumput yang mereka cium tetapi lebih dalam dari itu, mereka dapat menangkap sesuatu yang terjadi sebelumnya dimana anjing lain pipis di rumput tersebut.

Mahluk hidup terus meninggalkan aroma. Pohon, daun, rumput, sapi, kucing, ayam bahkan manusiapun mengeluarkan aroma. Bukan hanya saat kita berkeringat, saat kita menghembuskan nafas kita mengeluarkan aroma. 

Seekor anjing dapat mencium semua molekul ini dan belajar banyak dari mereka: siapa atau apa yang telah ada, berapa lama mereka ada di sana, seberapa dekat mereka sekarang, dan cara mereka pergi. Ini adalah dunia yang sebagian besar terlihat oleh kita, tetapi itu adalah tempat anjing Anda hidup setiap hari.

 












Sumber: Cesar Milan

Comments

Popular Posts