Cara Merawat Tato




Sebelum kita memahami cara untuk merawat tato, ada baiknya jika kita mencari tahu apa itu tato.
Tato adalah sebuah seni merajah tubuh dengan berbagai macam tema, mulai dari gambar, simbol, tulisan-tulisan bahkan replika foto atau banyak lagi tema yang dituangkan pada bagian atas kulit tubuh untuk menjadi karya seni yang menurut si empunya tato adalah sebuah sign kebanggaan.


Tato dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Rajah digunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan tato dianggap tabu, seni tato tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia. 

Memilih jenis tato dan memilih seniman tato merupakan hal yang sangat penting. Karena, tato sifatnya permanen atau akan melekat selamanya di tubuh anda. Pastikan sebuah tato yang anda buat ber arti untuk anda.

Bukan hanya seniman dan jenis tato yang akan anda pilih saja yang penting. Cara merawat tato pun tak kalah penting, untuk menjaga kualitas tato agar tetap apik atau bagus. Berikut saya akan membagikan beberapa tips dari seniman tato langganan saya:

 Perhatikan dan Dengarkan Seniman Tato anda.

Jika Anda sudah memilih seniman tato yang baik, ia akan menjelaskan cara merawat tato secara terperinci, yang harus Anda patuhi dengan cermat. Setiap seniman tato memiliki pandangan berlainan mengenai cara terbaik merawat tato, namun jangan khawatir, kebanyakan seniman yang reputasinya baik memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam merawat tato baru, jadi metode mereka telah dicoba dan teruji.
  • Anggap tato Anda memiliki garansi. Artinya, jika Anda tidak mengikuti instruksi, garansi akan hangus dan si seniman tidak akan bersedia melakukan perbaikan gratis.
  • Ingat: seniman tato juga sama inginnya dengan Anda untuk melihat tato yang sembuh sempurna dengan hasil yang bagus, jadi ia tidak akan memberi saran yang buruk.
  • Instruksi berikut ini mungkin sedikit berbeda dengan yang diberikan oleh seniman pembuat tato Anda, namun merupakan panduan umum yang terbukti berhasil baik.

 Perawatan Setelah ditato


Setelah tato selesai, seniman tato akan membersihkan area kulit yang ditato, mengoleskan salep antibakteri dan menutupi tato dengan perban atau pembalut tertentu. Begitu pulang, lawan keinginan Anda untuk membuka perban. Perban berfungsi untuk melindungi tato dari bakteri di udara yang bisa menembus masuk melalui kulit yang terluka. Perban harus tetap dikenakan minimal dua jam sebelum dilepaskan.
  • Pembalut ABD yang tebal, menyerap, dan tidak lengket adalah tipe perban yang paling banyak digunakan seniman tato. Bahan ini sangat efektif karena memungkinkan tato bernapas dan cukup tebal untuk melindungi kulit dari bakteri dan benturan. Perban ini juga sangat mudah menyerap.
  • Banyak seniman tato yang membalut tato baru dengan plastik, sementara ada lebih banyak lagi yang yakin bahwa plastik adalah pembalut paling buruk.
  • Seniman yang menganjurkan plastik percaya bahwa plastik adalah bahan terbaik untuk menutup tato karena mudah dibalutkan dan dilepas tanpa menempel di kulit. Plastik juga berperan sebagai perisai yang efektif untuk melindungi tato dari bakteri.
  • Penentang pembalut plastik tidak setuju karena plastik menghalangi oksigen yang sangat penting bagi proses penyembuhan luka. Plastik juga mengunci kelembapan dan meningkatkan suhu kulit sehingga menciptakan tempat pertumbuhan yang baik bagi bakteri.
  • Apa pun penutup yang digunakan oleh seniman pembuat tato Anda, pastikan Anda mengikuti sarannya dengan cermat. Kedua tipe pembalut itu telah terbukti berhasil sebelumnya. Hanya saja Anda perlu mengingat bahwa pembalut plastik harus diganti dan tato dibersihkan lebih sering dari tipe perban lainnya untuk menghindari pertumbuhan bakteri.


Lepaskan perban Anda secara hati-hati.
Belum ada kesepakatan tentang kapan waktu yang paling tepat untuk melepaskan perban. Kebanyakan seniman tato sepakat bahwa tato harus dibalut selama minimal dua jam sebelum dibuka, tetapi waktu maksimal bervariasi antara 4 dan 6 jam. Tato yang ditutupi pembalut plastik merupakan pengecualian. Pembalut plastik tidak boleh digunakan pada tato baru lebih dari 2 jam.
  • Pada kenyataannya, waktu melepas perban bergantung pada ukuran dan tempat tato, serta kadar rembesan tato dan jenis perban yang digunakan. Pada kebanyakan kasus, langkah terbaik adalah mengikuti saran seniman yang membuatnya, tetapi juga harus menggunakan penilaian dan akal sehat Anda sendiri.
  • Untuk melepas perban, rendam dalam air hangat supaya perban tidak menempel pada kulit. Perban akan mudah dilepas dalam keadaan basah. Kemudian buang perban bekas tersebut.

Cucilah tato dengan lembut. 
Kebanyakan seniman tato menyarankan air hangat-hangat kuku dan sabun atau cairan antibakteri atau antimikroba yang lembut tanpa pewangi. Gunakan tangan untuk membersihkan tato dengan lembut, menghilangkan sisa darah, plasma, atau tinta yang tercecer. Ini akan membantu mencegah terbentuknya koreng. Jangan menggunakan waslap, loofah, ataupun spons untuk membersihkan tato karena mungkin membawa bakteri.
  • Jangan memasukkan tato ke dalam air secara langsung. Bersihkan secara tidak langsung dengan mencipratkan air dengan tangan. Aliran air dari keran mungkin terlalu keras untuk tato yang baru dibuat.
  • Jika tato baru menutupi area kulit yang lumayan lebar, mungkin akan lebih mudah membersihkannya dengan shower
 Keringkan dengan menepuk-nepukkan handuk ringan dan lembut.

Setelah tato dibersihkan, Anda harus menepuk-nepuknya dengan handuk lembut sampai kering. Jangan digosok karena dapat menyebabkan iritasi. Setelah kelembapannya hilang, biarkan tato tetap terbuka selama 20 menit hingga satu jam. Ini memungkinkan tato bernapas dan menguapkan kelembapan yang tersisa.

Oleskan salep bebas pewangi dan berbahan dasar air. 
Setelah tato kering sempurna dan kulit mulai terasa kencang, oleskan sedikit salep Bacitracin atau A&D langsung pada tato. Pastikan Anda hanya mengoleskan selapis tipis yang cukup untuk membuat tato mengilap dan usap dengan lembut sampai diserap oleh kulit. Jangan mengoleskan salep terlalu banyak karena tato akan kesulitan bernapas dan mendukung pertumbuhan bakteri.
  • Anda harus terus mengoleskan salep tiap selesai mencuci tato paling tidak dua kali sehari selama 3 hingga 5 hari atau sampai tato mulai mengelupas. Saat itu, Anda bisa mengganti salep dengan losion bebas pewangi yang biasa.
  • Jangan menggunakan produk berbasis petroleum seperti Vaseline karena terlalu berat dan dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat pada tato. Petroleum juga menarik tinta dari tato ke permukaan kulit sehingga tato Anda akan memudar sebelum sembuh.
  • Ada beberapa produk khusus yang sedikit mahal namun sangat baik untuk tato. Salah satunya adalah "Tattoo Goo" yang tidak berlemak dan dibuat dari bahan alami. Produk lain yang juga bagus adalah "H2Ocean" yang lebih mirip busa daripada salep, yang menggunakan garam untuk mencegah infeksi. "After Inked” juga bagus karena tidak berbasis petroleum dan menggunakan minyak biji anggur yang dikenal mengandung antioksidan lebih tinggi daripada vitamin E. Produk ini membantu proses penyembuhan dan dapat melembapkan kulit.
Lanjutkan proses mencuci dan melembapkan minimal dua kali sehari sampai keraknya hilang.

Anda harus terus mencuci tato dengan sabun antibakteri dan air hangat sampai sembuh sempurna. Proses ini bisa memakan waktu 3 hingga 6 minggu, tergantung ukuran dan lokasi tato. Anda harus mencuci tato kira-kira tiga kali sehari, walaupun harus lebih sering untuk tato yang ada di tangan, pergelangan tangan, kaki, atau area lain yang mudah terkena bakteri.
  • Setelah mengoleskan salep antibakteri selama 3 hingga 5 hari pertama, Anda bisa menggantinya dengan losion biasa setiap kali habis dicuci. Kebanyakan seniman tato akan menyarankan Anda untuk menghindari losion yang mengandung pewangi, pewarna, atau glitter. Ingatlah untuk mengoleskan selapis tipis saja karena terlalu banyak salep justru berpengaruh negatif pada tato.
  • Proses penyembuhan awal tato akan memakan waktu hingga dua minggu. Selama waktu ini, Anda akan melihat tato mengelupas sama seperti jika kulit terbakar matahari. Kulit Anda yang berwarna mungkin juga akan mengelupas bersama tato, tetapi ini normal.
  • Setelah kulit terkelupas, tato akan terlihat seperti kaca dan terasa kencang. Mungkin Anda juga akan melihat potongan kulit yang menggoda untuk dikelupas, tetapi usahakan tidak melakukannya. Lapisan ini disebut "kulit bawang" dan akan lepas dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

  • Jika Anda telah merawatnya dengan baik, tato akan sembuh dan kulit akan pulih kembali dalam waktu 4 hingga 6 minggu.

 Hal yang Harus Dihindari.

Jangan mengaruk atau mengelupas tato. 
Dalam masa pemulihan, tato akan mengelupas sendiri. Ini normal, dan lapisan kulit yang terkelupas itu harus dibiarkan mengering dan lepas dengan sendirinya. Jangan mencoba membantu proses ini dengan sengaja mengelupasnya. Tindakan prematur ini akan meninggalkan lubang atau bercak pada tato.
  • Jika tangan atau kuku Anda tidak bersih, tato juga bisa terinfeksi. Anda harus selalu mencuci tangan dengan sabun antibakteri sebelum menyentuh tato, dan jangan pernah membiarkan orang lain menyentuhnya pada saat-saat ini.
  • Kulit yang kering, berkerak, atau terkelupas bisa sangat gatal, tetapi menggaruk tato juga bisa membuat keraknya terlepas. Anda dapat meredakan rasa gatal dengan menepuk tato dengan telapak tangan atau mengusapnya dengan losion.
  • Gunakan salep yang melembapkan untuk mengalahkan rasa gatal.
Jangan merendam tato. 
Sebelum tato benar-benar sembuh, Anda tidak boleh berenang di kolam atau di laut, atau bahkan mandi berendam. Ada dua alasan untuk hal ini. Pertama, merendam tato di air dapat membuat tintanya keluar dari kulit dan merusak tampilan tato. Kedua, air di kolam, laut, dan bak mandi mungkin membawa kotoran, bakteri, zat kimia, dan zat lain yang dapat menginfeksi tato.
  • Anda bisa berenang kembali dengan aman setelah tato sembuh, tetapi untuk sementara Anda harus bersabar dengan mandi biasa atau mencuci tato di wastafel.
  • Jangan mandi lama-lama, usahakan agar kurang dari 5–6 menit.
Jangan memaparkan tato pada sinar matahari langsung. 
Sinar matahari adalah musuh utama tato baru. Sinar matahari yang terik dapat membuat kulit melepuh dan memudarkan warna tato. Oleh karena itu, sebaiknya tato tetap tertutup dan dijauhkan dari matahari selama paling tidak 3 hingga 4 minggu, sampai sudah benar-benar sembuh.
  • Setelah itu, Anda masih akan perlu melindungi tato dengan losion mengandung SPF minimal 30. Ini untuk mencegah tato memudar akibat sinar matahari dan mempertahankan warnanya.

Hindari pakaian ketat. 
Jangan mengenakan pakaian ketat di area tato, khususnya di awal. Selama proses pemulihan, pakaian ketat dapat menyerap plasma dan kelebihan tinta sehingga membuat tato menempel pada pakaian. Anda akan sulit melepaskan pakaian dan bahkan terasa sakit, juga dapat mengelupas paksa lapisan kulit yang baru mulai terlepas.
  • Jika pakaian menempel pada tato, jangan ditarik! Basahi dahulu area tato dengan air, ini akan melonggarkan kain yang lengket sehingga dapat dilepas tanpa merusak tato.
  • Selain itu, pakaian ketat juga dapat menghambat masuknya oksigen sementara oksigen sangat penting untuk penyembuhan tato.
  • Kenakan pakaian yang bersih dan longgar baik pada siang maupun malam hari selama tato Anda belum sembuh.
Hindari olahraga. 
Tato besar atau dibuat di area sekitar sendi (seperti lutut dan siku) akan lebih lama sembuh jika kulit dipaksa bergerak selama olahraga berat atau aktivitas fisik lainnya. Gerakan tubuh akan membuat kulit meregang dan terganggu sehingga memperpanjang proses penyembuhan tato. Oleh karena itu, Anda harus menghindari olahraga yang tidak perlu paling tidak selama beberapa hari setelah tato dibuat.
  • Jika Anda mengikuti olahraga bela diri seperti karate atau kickboxing, Anda perlu memberi tahu teman Anda supaya mereka tidak memukul Anda di area tato.
  • Jika Anda bekerja di bidang yang melibatkan aktivitas fisik, seperti konstruksi atau tari, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuat tato pada hari Jumat sehingga Anda memiliki waktu sepanjang akhir pekan untuk menyembuhkannya sebelum kembali bekerja.
 Hindari pembengkakan.

Bengkak mungkin timbul pada tato baru di kaki, pergelangan kaki, atau betis, khususnya jika Anda berdiri dalam jangka waktu lama. Anda dapat mengurangi bengkak dengan minum ibuprofen, menempelkan kompres dingin pada bagian yang bengkak, dan memosisikan kaki dan tungkai agar berada di atas.


Peringatan

  • Jangan membiarkan perban/pembalut plastik lebih dari enam jam. Penutup dapat memerangkap panas dan menjadi tempat tumbuh bakteri yang menyebabkan infeksi bila tato mengeluarkan air .
  • Jangan gunakan produk seperti Neosporin. Produk ini tidak cocok digunakan pada luka tusuk (ingat bawah tato Anda adalah ribuan luka tusuk). Ini akan membuat kulit di sekitar dan di bawah tato sembuh terlalu cepat.
  • Setelah tato sembuh pun kulit masih terasa agak bengkak. Ini karena tinta masih harus “menyerap”. Biasanya proses ini membutuhkan waktu empat minggu.
  • Penyakit dan virus bisa menyebar melalui proses pembuatan tato bila menggunakan jarum kotor. Inilah mengapa Anda harus mencari seniman tato bereputasi baik. Ingat, ada uang ada rupa.

Tips

  • Jangan mengenakan pakaian berbulu karena bulu-bulu pakaian bisa masuk ke kulit yang mengelupas dan menyebabkan infeksi.
  • Suhu dingin dapat mengurangi rasa gatal. Letakkan kantung es dingin pada tato secara lembut.
  • Hindari sauna dan ruangan beruap saat proses penyembuhan tato karena kelembapan dapat menarik pigmen warna dari kulit.
  • Jangan mencukur kulit di area tato sampai tato sudah sembuh sepenuhnya. Jika Anda bercukur di sekitarnya, jangan sampai krim cukur atau rambut mengiritasi atau menginfeksi tato.
  • Jangan menutup tato lagi setelah seniman tato menutupnya dengan perban. Tato memerlukan udara untuk sembuh dan pembalut plastik atau kain kasa akan membuat tato sulit bernapas dan memperlambat penyembuhan. Saat tidur di malam hari, jangan menekan tato, dan jika Anda khawatir tintanya menodai tempat tidur, hamparkan handuk di bawah tubuh.
  • Membasuh tato yang gatal di bawah air panas selama satu menit akan membuat Anda nyaman selama 3-4 jam sehingga Anda bisa tidur tanpa terjaga karena rasa gatal.
  • Jangan mencuci tato baru dengan air panas. Air panas akan membuka pori-pori dan kemungkinan merusak kulit sensitif.
  • Setelah tato sembuh, teruskan pemakaian Tatto Goo secara periodik khususnya jika tato Anda berwarna. Ini untuk memperkuat dan melindungi warnanya.
  • Salep Bepanthen (umumnya digunakan untuk ruam bayi) bagus untuk membantu penyembuhan dan menghentikan rasa gatal pada tato.
  • Balut tato untuk 3 malam pertama sebelum tidur. Kotoran dan bakteri bisa memasuki tato jika tidak dilindungi saat tidur. Tato bisa diangin-anginkan kembali pada siang hari.



Sumber:Wikihow.com

Comments

Post a Comment

Popular Posts