Cara Mengajari Anjing agar Mencintai Waktu Mandi




Banyak sekali anjing yang sangat susah di ajak mandi, padahal mereka sudah garuk-garuk, badannya bau, kotor dll. Nah pada artikel kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara mengambil hati anjing anda agar mau mandi.

Ajak jalan-jalan

Banyak anjing yang sangat menikmati berenang di air ketika mereka sedang kepanasan setelah jalan atau latihan. Jadi gunakan naluri alami mereka untuk keuntungan anda. Juga, keuntungan anjing untuk bergerak dan berolahraga.

Jangan terburu-buru

Sulit memang untuk seimbang dalam mengurus anjing dan pekerjaan anda yang sangat sibuk. Jadi,  cari waktu ketika Anda dapat bersantai dan fokus pada anjing Anda.

 Bawa sikap yang positif

Terkadang anda pasti merasa kesal jika anjing susah diajak mandi dan anda cenderung untuk memukul atau menyiksanya. Sikap yang seperti itu tentunya akan membuat rasa trauma pada anjing. Jadi, gunakan sikap positif anda saat memandikan anjing. Cara tenang dan tegas sangat dianjurkan.


Make it fun

Hal ini akan terasa sangat sulit jika anda tidak optimis untuk berubah. Jadi, pikirkan bahwa waktu memandikan anjing adalah waktu bermain dengan mereka. Cara ini tentunya akan membuat anda basah kuyup tapi saya yakin pasti menyenangkan. Bawa mereka ke bak mandi dan habiskan waktu bermain kalian bersama.


Minta bantuan anjing lain

Terkadang bantuan anjing lain sangatlah membantu. Pastikan mereka bertemu sebelum mandi agar mereka benar-benar bisa menikmati waktu bersama. Ajak mereka mandi bersama dan tentunya dengan cara bermain bersama, bersantai dan menikmati pengalaman.


Buat air terasa nyaman

Terkadang air yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat anjing terkejut dan merasa tidak nyaman. Jadi, buatlah temperatur air senyaman mungkin (hangat) dan pastikan jika air bukanlah masalah.

Memulai sebelumnya

Beberapa owner anjing menganggap itu biasa saja saat anjing berdiri kaku atau bahkan gemetar ketakutan.Itu adalah hal yang salah. Jadi untuk membuat anjing nyaman sebelum mandi, biarkan dia menikmati dengan berjalan-jalan di bak mandi saat kering agar si anjing menganggap itu bukan hal yang menakutkan.

Membawa makanan ke bak mandi

Cara lain untuk membantu anjing Anda membuat asosiasi yang lebih positif dengan bak (atau mandi di tempat lainnya) adalah untuk memulai makan di sana. Karena disaat waktu makan anjing akan merasa nyaman dan tenang.Pada awalnya anda mungkin akan menemukan bahwa anjing Anda diam atau gugup , tapi seiring waktu, ia mungkin akan bersantai dan menikmati makan nya.  

Mulai perlahan

Biarkan anjing nyaman dengan suara air mengalir. kemudian tambahkan air ke bak mandi sedikit demi sedikit, mulai dari bagian kaki bawah hingga paha. Jika anda biasanya memandikan anjing anda dengan menyemprotnya mulai siram dari kaki, ekor, badan kemudian baru kepala. Hal tersebut bertujuan agar anjing mereasa nyaman.

Masih berjuang?

Pertimbangkan untuk menyewa tenaga ahli. Memang terdengar sedikit konyol jika menyewa profesional hanya untuk memandikan anjing. Tetapi menyewa tenaga profesional sangat membantu. Mengapa memandikan sendiri bukan di pet shop. Ini bukan masalah uang melainkan pengalaman. Berikan pengalaman yang baik untuk anjing anda selama sis hidupnya. Bukankah hal tersebut lebih berharga daripada uang?










Sumber: Cesar Milan 

Comments

Popular Posts