Cara Memandikan Anjing

Berikut beberapa tips untuk memandikan anjing anda:


Kekuatan hubungan positif

Dalam artikel sebelumnya Cara Mengajari Anjing Anda agar Mencintai Waktu Mandi
saya mengajarkan beberapa tips agara anjing anda mencintai waktu mandi. Ajarkan ke anjing anda bahwa mandi adalah sesuatu yang menyenangkan.

Jangan patah semangat jika anjing anda susah untuk dimandikan. Setiap anjing punya kemampuan yang berbeda dalam menangkap sesuatu. Lakukan semua dengan sabar sampai anjing anda benar-benar berfikir jika mandi adalah suatu hal yang menyenangkan.

Lindungi telinga

Tutup telinga anjing anda agar tidak ada air yang masuk. Bukan hanya menyebabkan anjing tidak nyaman tetapi juga tidak baik untuk kesehatan. Hindari menyemprot air ke telinga anjing.
Jika anda melihat ada air yang masuk ke telinga, pakai kapas untuk membersihkannya. Caranya ambil kapas, bentuk seperti bola-bola, jepit memakai pinset, lalu bersihkan telinga anjing dengan hati-hati.

Mulai selagi anjing masih muda

Jika anda memiliki anak anjing mulai memandikan sesegera mungkin. Anjing dapat di mandikan mulai usia 2 bulan. Jika anjing sudah di biasakan mandi sejak kecil, sewaktu dewasa dia akan terbiasa untuk mandi.

Gunakan shampo yang benar

Pastikan anda menggunakan shampo khusus untuk anjing anda. Salah satu penyebab anjing malas mandi karena shampo yang tidak cocok dengan mereka. Setiap anjing harus memakai shampo khusus untuknya misalnya untuk anjing shihtzu harus pakai shampo khusus untuk anjing yang berambut panjang serta terurai, untuk anjing yang sedang sakit kulit harus pakai shmapo khusus untuk anjing yang sedang sakit kulit untuk membantu pemulihan sakitnya dll.

Mulai dari leher ke bawah

Mulailah memandikan anjing dari kaki,ekor hingga leher. Bukan hanya menjaga agar telinga tidak kemasukan air tetapi juga agar mata dan hidung tidak kemasukan air serta shampo. Cara untuk membersihkan bagian kepala yaitu dengan menggunakan lap basah.

Keringkan dengan benar

Banyak orang yang tidak mengeringkan anjingnya selepas mandi. Hal tersebut akan membuat anjing anda lembab dan berjamur. Keringkan anjing menggunakan hair dryer atau pengering khusus anjing, pastikan anjing benar-benar kering. Jangan menggunakan hair drayer terlalu dekat dengan kulit anjing karena hal tersebut akan mebuat kulit anjing terbakar.

Cara agar anda tidak kelelahan dalam mengeringkan anjing anda, pakaikan dia handuk dengan kualitas serap yang bagus.

Membuat momen saat mandi menyenangkan tentu akan membuat ikatan antara anda dan anjing semakin dekat. Jadi bersabarlah :)












Sumber: Cesar Milan

Comments

Post a Comment

Popular Posts